Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

hal ini membuat kami di desa ikut juga merasakan dampaknya, baik secara langsung maupun tidak. Alkhamdulillah sampai saat ini di Desa Tamban Tidak ad warga yg menjadi PDP ataupun Positif Covid-19, semoga Alloh menjauhkan wabah ini dari desa kami. Oleh sebab itu didesa Tamban juga sudah dibentuk Tim Relawan Covid-19 sesuai Surat dari Camat Pakel Nomor : 824/140/413.05 Perihal SK Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19,

Langkah pertama kami dengan memberikan sosialisasi kepada warga melalui pesan Whatsapp dan media informasi desa lainnya , lewat siaran speaker masjid masji, ledang dan selebaran ditempat tempat umum,

Diantaranya berisikan anjuran cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus ini, yaitu:

  • Terapkan physical distancing, yaitu menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain, dan jangan dulu ke luar rumah kecuali ada keperluan mendesak.
  • Gunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian.
  • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.
  • Tingkatkan daya tahan tubuh dengan pola hidup sehat.
  • Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.
  • Hindari kontak dengan penderita atau orang yang dicurigai menderita COVID-19.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit demam, batuk, atau pilek.
  • Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan, termasuk kebersihan rumah.

Selain itu tin Gugus Tugas juga sudah melakukan penyemprotan di jalan jalan umum, tempat ibadah, sekolah, dan kantor kantor. kegiatan ini dilakukan oleh semua lini masyarakat, mulai dari Pemerintahan Desa Tamban, BPD, LPM, Ketua RW/RT,  masyarakat, semua bersama sama melakukan pencegahan dengan menyemprotkan larutan bahan bahan yang telah direkomendasikan, dengan alat mesin semprot dari atas mobil maupun kerumah rumah dengan tangki semprot manual.

Semua dilakukan berharap Desa Tamban terbebas dari Dampak Covid-19.

Adapaun Sumber dana untuk kegiatan ini, diambilkan dari Dana Desa Sesuai ketenuan yang ada, ditambah lagi dari partisipasi masyarakat yang memberikan bantuan berupa obat obatan. Seminggu dua kali dilakukan penyemprotan masal oleh warga Desa Tamban, hari Kamis dan hari Minggu. Kegiatan ini didukung oleh BABINSA DAN BHABINKAMTIBMAS Desa Tamban, bersama POLSEK Pakel dan KORAMIL Pakel.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?