Baru baru ini tepatnya pada hari Jumát tanggal25 JANUARI 2019 di BALAI DESA Tamban telah diselenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Tamban Tahun 2020, yang dihadiri oleh lebih dari 80 orang terdiri dari Badan Permusyawaratan Desa Tamban yang dilantik sebulan yang lau,sebagai penyelenggara ditambah tokoh masyarakat, ketua dan anggota LPM, ketua RT-RW se desa Tamban serta PKK dan Karang Taruna.

Sebagai undangan Camat Pakel dalam sambutannya menyampaikan, sangat pentingnya musyawarah rutin tahunan semacam ini sebagai dasar pembuatan RKPDes dan RAPBDes tahun yang akan datang. Musrenbangdes sebagai tolok ukur penyusunan rencana anggaran tahun depan berdasar pagu tahun ini untuk desa Tamban sebesar 930 juta yang dikucurkan lewat Dana Desa Tahun 2019 ini ditambah Anggaran Dana Desa tahun ini sebesar lebih dari 430 Juta Rupiah.”Tidak kalah pentingnya sebuah program pembangunan akan lebih berhasil jika disertai dengan kondisi masyarakat yang lebih makmur dan desa semakin kondusif ,terlebih menghadapi tahun politik  2019″ imbuh Camat Pakel M Fathoni dalam Sambutannya.

Hadir pula Bapak Edi Selaku Kasi Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa, juga menyampaikan pentingnya kerukunan semua warga mendukung program yang disusun oleh Tim Pelaksana Kegiatan Desa bersama pendamping desa serta fasilitator teknik, untuk mewujudkan dan merealisasikan dana dari APBN yang disalurkan ke desa Tamban. “semua bisa terealisasi apabila warga rukun, mendahulukan program yang sifatnya mencakup orang banyak”kata beliau saat memimpin menggali usulan dari peserta rapat.

Dalam Musrenbangdes tahun ini disepakati berbagai usulan,yang intinya masih berfokus pada Infrastruktur desa meliputi pembangunan jalan paving lingkungan dan saluran irigasi untuk pertanian. kedepan lebih penting lagi adalah jalan usaha tani sebagai kebutuhan pokok warga desa Tamban untuk membawa pulang hasil panennya. Selain itu dibacakan juga oleh Sekretaris Desa Tamban Mujiyan, berbagai usulan yang akan diajukan kepemerintah Kabupaten Tulungagung, agar beberapa Program bisa didanai oleh APBD Kabupaten Tahun ini, diantaranya Penahan Bahu Jalan sebelah barat Balai Desa Tamban sepanjang 600 meter.

Ini beberapa hasil Musrenbangdes 2020 yang dilaksanakan tahun ini sebagai acara rutin tahunan. acara ditutup sekitar pukul 11.00 WIB.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?