Selamat datang di Desa Tamban, desa dipojok tenggara wilayah kecamatan pakel, walaupun akses keluarnya hanya lewat desa sebelah, tapi desa kami juga punya potensi alam yang subur dan indah serta industri kerajinan yang berbahan baku batu marmer.
Beraneka ragam tanaman pangan , sayur  dan buah buahan tumbuh subur meskipun dengan pengairan teknis yang diambil dari sumur bor tanah serta memanfaatkan aliran sungai Parit Agung milik Dinas Pengairan yang mengalir dari utara menuju ke teluk sidem dengan cara pompa air kapasitas besar, tak lepas juga dari bantuan Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung.

Patut diperhitungkan juga bahwa hasil industri batu marmer  olahan sudah bisa menembus pasar dunia berupa kerajinan mozaik, marmo dan kerajinan tangan lainnya.

Jika anda masuk pertama di Desa Tamban akan terlihat papan dari Disperindag bertuliskan Sentra Industri Kerajinan Tas dan Dompet dari kulit, yang mana para pengrajjin ini mendapatkan ilmunya dari daerah Tanggulangin Sidoarjo dan mengembangkan usahanya di Desa Tamban bertekat untuk menjadi seorang wira usaha mandiri yang produknya mampu bersaing dipasar modern.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?